Kab. Bogor

Selasa, 8 September 2020 - 10:15 WIB

2 minggu yang lalu

logo

Pasien ICU RSUD Bogor.

Pasien ICU RSUD Bogor.

Kian Bertambah, RSUD Cibinong Bogor Kewalahan Tangani Pasien Covid-19

HALOBOGOR.id — Beberapa pasien Covid-19 yang menempati ruang isolasi di RSUD Cibinong Bogor, semakin tak terbendung. Ruang Intensive Care Unit (ICU) yang disediakan untuk pasien Covid-19 maupun pasien umum penuh.

Menurut Direktur RSUD Cibinong, dr. Wahyu Eko Widiarso menyebutkan, jumlah pasien yang datang ke rumah sakit terus bertambah. Pihaknuya kini tengah merawat hingga 65 pasien Covid-19 di ruang isolasi.

Angka tersebut termasuk dari ruang ICU khusus pasien Covid-19 yang tersisi penuh oleh delapan pasien. Sedangkan total kapasitas ruang isolasi di RSUD Cibinong hanya mencapai 86 tempat tidur.

“Ruang ICU umum juga penuh. Kadang-kadang ada gejala Covid-19. Kami kemarin sempat kelabakan (karena pasien yang membeludak). Jadi, kalau pasien di ICU Covid-19 agak membaik, kami pindah ke ruang isolasi biasa. Gantian dengan pasien Covid-19 yang terdeteksi dari ruang ICU umum,” bebernya, Senin (7/9/2020).

Ia menambahkan bahwa, kapasitas maksimal untuk ruang isolasi hanya mampu menampung hingga 86 pasien. Jika jumlah pasien terus bertambah, RSUD Cibinong terpaksa mencari alternatif lain untuk membuka ruangan baru.

Diketahui, salah satunya dengan mengubah ruang ICU umum menjadi khusus Covid-19. Untuk penyakit umum dipindahkan ke ruang lain yang masih kosong.

(hal/halobogor)

Artikel ini telah dibaca 704 kali

Baca Lainnya