Kota Bogor

Kamis, 7 Januari 2021 - 12:15 WIB

2 minggu yang lalu

logo

14.000 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Kota Bogor Pekan Depan, Sudah Siap?

HALOBOGOR.id —  Ada sebanyak 14.000 dosis vaksin Covid-19 direncanakan akan tiba di Kota Bogor sekitar tanggal 11 sampai dengan 14 Januari 2021.

Pemberian vaksin rencananya diberikan maksimum dua hari setelah vaksin datang, yang difokuskan pada 7.000 orang tenaga kesehatan (nakes) dan non-nakes pada fasilitas layanan kesehatan (fasyankes).

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menjelaskan, tenaga fasilitas layanan kesehatan yang tercatat dalam Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK) sebanyak sekitar 9.669 orang.

“Fokus sasaran pertama vaksin nakes dan non nakes atau tenaga fasyankes sekitar 9.669 orang yang tercatat di SISDMK. Termasuk Dinas Kesehatan (Dinkes) 144 (orang) saja di luar Puskesmas,” kata Dedie, Kamis (7/1/2021).

Dedie melanjutkan, penempatan vaksin nantinya akan dipusatkan di gudang farmasi Dinkes, yakni di Jalan Kesehatan, Kelurahan Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Sementara, pemberian vaksin akan dipusatkan 41 fasyankes, di mana 25 diantaranya puskesmas.

“Rencana pemberian vaksin dipusatkan di 25 Puskesmas dan beberapa rumah sakit yang memenuhi persyaratan empat tahap alur pemberian vaksin dan yang memiliki cold chain,” jelasnya.

Rencana penyuntikannya, kata Dedie, maksimum dua hari setelah vaksin datang. Serta harus diselesaikan maksimum selama tiga bulan.

“Setiap orang maksimum 40 menit dari pendaftaran, screening, suntik, observasi 30 menit. Apabila ada reaksi maka ditangani petugas emergency di Ruang KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi),” pungkasnya.

(trn/suara/halobogor)

Artikel ini telah dibaca 139 kali

Baca Lainnya