Kota Bogor

Sabtu, 16 Januari 2021 - 12:50 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Satgas ‘Jalan Bebas Kerumunan’ Bakal Tindak Tegas Kerumunan di Kota Bogor

HALOBOGOR.id — Aparat gabungan Polri-TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kota Bogor membentuk tim ‘Crowd Free Road’ atau Jalan Bebas Kerumunan di Kota Bogor. Tim itu bertugas memantau dan buka tutup jalan secara situasional jika terjadi kerumunan.

“Berdasarkan hasil evaluasi masih terdapat kerumunan pada pusat-pusat kegiatan masyarakat, sehingga perlu pengalihan arus lalin di ruas jalan tertentu untuk mengurangi mobilisasi masyarakat,” kata Kapolresta Bogor Kota, Kombes Sulistyo Purnomo Condro.

Tim gabungan ini akan berpatroli di enam wilayah kecamatan Kota Bogor untuk memantau kerumunan di jalanan. Jika terdapat kerumunan, petugas akan langsung menutup jalan tersebut secara temporer.

“Ketika terlalu padat lakukan pengalihan arus secara temporer. Bisa sejam, bisa dua jam sehingga diharapkan masyarakat tidak berkerumun di satu are tertentu tetapi tidak dalam jangka waktu yang lama. Jadi ketika jalur sudah terlihat lengang masyarakat tidak berkerumun jalanan akan kita buka,” tegasnya.

Dengan begitu, selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Bogor ini angka penularan covid-19 bisa ditekan. Tak lupa, masyarakat diminta selalu menerapkan protokol kesehatan terutama di tempat-tempat umum.

“Kami harap masyarakat Bogor mematuhi protokol kesehatan 5M agar dk PPKM Kota Bogor menurun kasus positif covid-19,” harap Susatyo.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Bogor Kota Kompol Andryanto mengatakan kegiatan ini akan terus dilakukan jika di titik-titik tertentu terjadi kepadatan hingga 25 Januari 2021 mendatang.

“Jika ada laporan kerumunan dari unit patroli, Satlantas, Dishub dan Polsek butuh penutupan arus, tim ini bisa bergerak cepat,” ucap Andryanto.

Contoh penutupan arus yang kerap didapati kerumunan adalah di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor. Sehingga petugas menutup jalan tersebut mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

“Ada beberapa titik yang sudah dilakukan penutupan hasil dari evaluasi jam 7 malam sampai jam 5 pagi penutupan di Jalan Sudirman. Dengan tim ini kita akan lihat ke depan dan evaluasi masih dibutuhkan atau tidaknya penutupan jalan itu,” tutupnya.

(trn/halobogor)

Artikel ini telah dibaca 187 kali

Baca Lainnya