HALOBOGOR.id — Libur Paskah yang dilaksanakan sejak Jumat (2/3/2021) tak membuat tempat wisata di Puncak Bogor dipadati wisatawan. Para pedagang sepi pembeli dan tidak seramai yang diharapkan.

Seperti yang terlihat di kawasan wisata perkemahan Camp Batu Gede, yang berlokasi di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Sebagian besar pegawainya pun terpaksa dirumahkan pada pertengahan April 2020 lalu. “Iya tepat satu tahun ini Covid-19 sangat terasa dampaknya,” kata Pengelola Camp Batu Gede, Hendrik kepada Radar Bogor, Minggu (4/4/2021).

Menurut Hendrik, secara keseluruhan ada 75 pegawai di Camp Batu Gede dan sebanyak 37 orang yang dirumahkan saat itu.

Lokasi perkemahan ini pun sempat tutup. Tak terhitung lagi berapa banyak kerugian yang dirasakan sehingga tak dapat memberikan upah kepada sebagian pegawainya.

Hendrik menyebut, kelonggaran yang diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor saat ini pun tidak dapat membuat jumlah wisatawan meningkat. Apalagi, katanya, jika ada penyekatan di Simpang Gadog yang kerap digelar di akhir pekan maupun hari-hari libur sangat berdampak besar.

“Aduh penyekatan ini dampaknya benar-benar sepi kawasan wisata. Padahal ketentuan prokes sudah kami lakukan, tetapi tetap saja tidak ada kebijakan yang betul-betul membuat peningkatan ekonomi masyarakat khususnya pengusaha lokasi wisata,” ungkapnya.

Dia mengaku, sebagian karyawan yang sempat dirumahkan kembali dipekerjakan. Namun kali ini berbeda. Mereka bukan lagi mengelola Camp Batu Gede melainkan bercocok tanam.

Ia menguraikan, sejumlah pegawai ada yang menanam jeruk limo, lemon, hingga beternak hewan yang kemudian hasilnya dapat dijual dan membantu sektor perekonomian pegawai semasa terdampak Covid-19.

“Kami berharap pemerintah bisa memberikan kebijakan yang lebih bijak lagi,” singkatnya.

Kondisi serupa terlihata di kawasan Taman Wisata Matahari (TWM), Cisarua. Sejak pagi, hilir mudik wisatawan terbilang cukup sepi, tidak ada kepadatan pengunjung di sana.

Pantauan Radar Bogor di lokasi, kelenggangan keluar masuknya wisatawan di sana semakin hilang.

Sekitar pukul 15.00 WIB, hanya ada satu kendaraan berbentuk gajah yang mengantarkan wisatawan menuju pintu loket seusai menikmati beberapa wahana di dalam sana.

Menurut General Manager TWM Herwan Setiawan, kelenggangan wisatawan di TWM saat ini lantaran berkurangnya jumlah pengunjung yang datang. “Menurun rata-rata per hari 300 sampai di akhir pekan juga sama saja,” katanya.

Herwan menilai, penurunan wisatawan akibat berbagai kebijakan yang diterapkan pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Disinggung perubahan wahana menjadi penyebab, ia mengaku, saat ini seluruh wahana yang ada sudah dapat dinikmati oleh wisatawan.

“Sudah semuanya bisa dinikmati. Sudah tidak ada perubahan. Bahkan pengunjung tidak mencapai 50 persen seperti kebijakan pemerintah,” ungkapnya.

Penurunan pengunjung tentu berdampak kepada pemasukan TWM. Herwan menyebut, pihaknya pun terpaksa melakukan pengurangan jumlah karyawan lantaran perekonomian perusahaan yang semakin hari semakin menipis.

“Kita kurangi total hari kerjanya misal 30 hari kami kurangi 10 hari,” bebernya.

Seperti diketahui TWM memiliki total 300 karyawan, setelah 16 diantaranya harus dirumahkan untuk beberapa waktu yang tak dapat ditentukan. “Iya kita rumahkan hanya 16,” tukasnya.

(trn/halobogor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Pemeran Video Syur ‘Chinese-Sunda’ Ternyata Ngekos di Cibinong Bogor

HALOBOGOR.id — Polda Jabar melalui Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jabar, berhasil mengungkap…

Malam Pergantian Tahun di Puncak Bogor Telan Korban, Remaja 25 Tahun Tewas Terlindas

HALOBOGOR.id — Perayaan malam pergantian tahun 2021 di Kawasan Puncak Bogor, Kamis…

Besok Razia Gabungan di Puncak Bogor, Wisatawan Siap-siap Putar Balik

HALOBOGOR.id — Libur akhir akan segera tiba, kawasan Puncak Bogor diprediksi akan…

Jadwal Buka-Tutup Jalur Puncak Bogor Hari Ini dan Besok

HALOBOGOR.id — Kian bertambahnya kasus Covid- 19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali memperpanjang…