HALOBOGOR.id — Pelaksanaan salat tarawih berjamaah yang dilangsungkan di masjid-masjid Kota Bogor pada Ramadhan tahun ini tetap diperbolehkan. Penetapan tersebut disampaikan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor. Meksi diperbolehkan, salat tarawih tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sekretaris Umum (Sekum) MUI Kota Bogor Ade Sarmili mengatakan, MUI Kota Bogor bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor mengeluarkan edaran dengan nomor SE 440/138-Kesra per 1 Januari tahun 2021, tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan Tempat Ibadah di Masa Pandemi Covid-19.

“Pertama menyiapkan petugas untuk mengawasi protokol kesehatan di area masjid. Kedua wajib melakukan pembersihan dan disinfeksi secara berkala serta menyediakan alat pengecekan suhu.

Ketiga, membatasi jumlah pintu masuk atau keluar guna memudahkan penerapan dan pengawasan protokol kesehatan,” katanya, Minggu (4/4/2021).

Keempat, sambung dia, menyediakan tempat cuci tangan sabun atau hand sanitizer. Kelima, jamaah wajib memakai masker serta membawa alat ibadah masing masing. Lalu tidak berjabat atau berpelukan.

“Masjid juga harus menerapkan pembatasan jarak dengan tanda khusus, dengan jarak minimal satu meter. Lalu mengatur jamaah yang berkumpul dalam waktu bersamaan maksimal 50 persen dari kapasitas. Untuk memudahkan pembatasan jaga jarak,” tegas Ade.

Kemudian, sambung dia, menghindari berdiam lama di tempat ibadah dan mempersingkat waktu ibadah tanpa mengurangi kesempurnaan ibadah.

“Jangan lupa juga memasang peringatan protokol kesehatan. Terakhir, penerapan protokol kesehatan secara khusus buat jamaah tamu yang datang diluar lingkungan masjid. Intinya tetap boleh dengan mengutamakan aturan prokes itu,” tuntasnya. 

(trn/radarbogor/halobogor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Jakarta PSBB Total, Bima Arya Tak Bisa Larang Warga Jakarta Masuk Tempat Wisata di Bogor

HALOBOGOR.id — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menerapkan kembali Pembatasan Sosial…

1 Keluarga di Kota Bogor Positif Covid-19, 2 Meninggal Dunia

HALOBOGOR.id — Satu keluarga di Kota Bogor berjumlah enam orang positif Covid-19, bahkan…

Ridwan Kamil Tak Izinkan Rumah Makan di Bogor Layani Makan di Tempat

HALOBOGOR.id — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah melakukan instruksi untuk melarang restoran,…

FAKTA: Rian Pembunuh Berantai di Bogor Bunuh Dua Wanita di Hotel yang Sama

HALOBOGOR.id — Lokasi pembunuhan dua wanita oleh Muhamad Rian ternyata di hotel atau…