Pileg Bogor

Senin, 5 November 2018 - 12:00 WIB

8 bulan yang lalu

logo

Pelatihan Batik Ciwitan Untuk Kembangkan Ekonomi Desa

HALOBOGOR.id – Masyarakat di Desa Cihideung Ilir, Ciampea, Kabupaten Bogor terlihat antusias dengan adanya pelatihan batik tersebut.

Para peserta yang rata-rata perempuan, mencoba proses mengias kain polos menjadi kain bercorak abstrak nan indah.

Teknik batik ciwitan mulai dikembangkan oleh sanggar batik Lawon Geulis yang beralamat di Perumahan Ciampea Asri Desa Benteng, Ciampea.

Di Bogor, khususnya di wilayah Kecamatan Ciampea, masyarakat menyebutnya teknik ciwitan. Meski diyakini berasal dari teknik yang sama, ia mengakui terdapat sedikit perbedaan di setiap daerah dalam perkembangannya.

Instruktur pelatihan, Eka Hari Jhayanti mengungkapkan teknik shibori merupakan teknik menghias kain dengan cara mengikat, melipat, memelintir atau menekan bagian kain tertentu.

“Teknik ini juga dikenal sejak lama di Indonesia. Sebutannya berbeda-beda di setiap daerah. Mungkin banyak yang tidak tahu asalnya dari Jepang,” ucap Ketua Sanggar Batik Lawon Geulis sekaligus Caleg DPRD Kabupaten Bogor Dapil IV, Eka Hari Jhayanti.

Baca Juga: Jumat Barokah, Caleg PDIP Kabupaten Bogor Bagikan Nasi Kotak dan Genset

Dalam pelatihan tersebut, Eka mengajarkan teknik dasar yang sangat mudah dipelajari masyarakat awam sekalipun.

“Tehnik membatik ciwitan (cubit) sama dengan tehnik membatik ala Jepang yaitu shibori, jumputan maupun sasirangan. Tehnik ciwitan ini dilakukan dengan “mencubit’ kain dengan media karet. Lalu kain dicelupkan di larutan warna lalu dikeringkan,” lanjutnya.

Ia berharap perempuan harus bisa mandiri, kreatif, bisa diberdayakan. Dengan pelatihan ini saya harap potensi ekonomi daerah bisa meningkat seiring dengan peningkatan pemberdayaan perempuan.

(glg/halobogor)

pasang iklan halobogor

Baca Lainnya
x