Ikuti kami

Destinasi

Menikmati Keindahan Curug Ciputri di Bogor, Sekaligus Tempat yang Cocok untuk Camping

Diterbitkan

pada

Curug Ciputri
Bagikan ke

HALOBOGOR-id — Lokasi wisata yang satu ini cocok bagi kamu yang ingin camping sekaligus main air di jernihnya kolam air terjun. Curug Ciputri yang berada di Desa Tapos 1, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor.

Di Bogor, khususnya di Kecamatan Tenjolaya memang tersebar beberapa titik curug atau air terjun yang berasal dari Gunung Halimun Salak yang memiliki banyak curug yang memesona. Dari berbagai nama curug yang ada, Curug Ciputri bisa dibilang menjadi salah satu yang diramaikan wisatawan.

Selain curugnya yang memiliki air yang bening, spot ini juga kamu dapat berkemah di campground Curug Ciputri yang sangat luas. Hutan pinus yang mendominasi campground membuat hawa di sekitarnya menjadi sejuk, dan tergolong dingin saat malam dan dini hari. Tak heran, karena kawasan ini memang berada di kaki Gunung Salak.

Sungguh lokasi wisata yang masih asri dan hijau, bahkan di campground masih terdapat banyak monyet liar yang biasanya memandang wisatawan dari kejauhan. Lingkungan yang bersih dengan sumber air yang memadai, memudahkan kamu mengambil air saat sedang berkemah.

Baca juga: Pemkot Bogor Perluas Kawasan Tanpa Rokok

Biasanya, para wisatawan berkunjung ke curug sedari pagi untuk merasakan kesegaran Curug Ciputri yang masih alami ini. Jalur trekking melewati hutan pinus dan hutan bambu akan membawamu sampai ke curug. Namun, harap berhati-hati saat trekking karena jalurnya cukup licin dan sempit, bahkan saat memasuki hutan banyak bambu yang mencuat ke jalur.

Curug Ciputri merupakan tipe air terjun yang berdebit air sedikit, sehingga terlihat seperti tirai air yang mengalir cantik di antara rimbunnya tumbuhan hijau di sekitarnya. Kolam yang tidak dalam pun memungkinkan kamu untuk menyegarkan diri di bawah gemericik air terjun yang bening dan menyegarkan.

 

Curug Ciputri/ Sumber:: instagram.com/denubayy

Curug Ciputri/ Sumber:: instagram.com/denubayy

 

Pagi hari diguyur jernihnya air terjun, sungguh segar!

Untuk dapat mengunjungi yang ada di Desa Tapos ini, kamu dapat melajukan kendaraan ke arah Curug Luhur yang juga cukup tersohor di kawasan ini.

Kemudian, teruskan kendaraan hingga bertemu dengan pertigaan yang akan kamu ambil jalur sebelah kirinya sampai ke basecamp Curug Ciputri yang berada di ujung jalan perkampungan yang didominasi tanah berbatu yang licin dan beberapa jalanan cor.

Bawalah persediaan makanan yang mencukupi saat berwisata ke Curug Ciputri, karena kamu akan jauh menemukan warung. Serta, tetaplah menjaga kebersihan di kawasan ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.

(abs/halobogor)

pasang iklan halobogor

Bagikan ke

Trending