Kriminal

Senin, 31 Desember 2018 - 06:30 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Polisi Tangkap Pelaku Pembobol Mesin ATM di Kawasan Puncak Bogor

HALOBOGOR.id — Seorang pria berinisial YA (21) ditangkap Satuan Reskrim Polres Bogor atas pembobolan mesin ATM. Pelaku berhasil membawa kabur uang tunai Rp 312 juta.

Kapolres Bogor AKBP AM Dicky mengatakan, YA berhasil ditangkap setelah polisi mendapat laporan adanya salah satu mesin ATM di minimarket yang dibobol di kawasan Puncak beberapa waktu lalu.

“Hasil penyelidikan dari kamera CCTV dan saksi-saksi di lokasi, pelaku kita tangkap di wilayah Indramayu,” kata Dicky, Minggu (30/12).

Hasil pemeriksaan, pelaku berpura-pura menjadi petugas maintenance jasa pengiriman uang. Kemudian, pelaku yang membawa kunci brangkas dengan leluasa membobol isi mesin ATM.

“Dia berpura-pura menjadi pegawai maintenance dari sebuah bank dan membuka mesin ATM menggunakan kunci khusus ATM,” ungkapnya.

Baca Juga: Diundang Tes Baca Tulis Alquran, Kubu Prabowo-Sandi Menolak Secara Halus

Dalam kasus ini, polisi menyita barang bukti di antaranya 2 kunci khusus membuka ATM, uang tunai sebesar Rp 140 juta, puluhan kartu ATM, 1 buah helm warna putih, 1 buah kemeja lengan pendek, 1 kartu gantungan maintenance service partner atas nama pelaku, 3 lembar surat pengakuan dan permohonan maaf yang diduga ditulis oleh pelaku, 1 lembar surat tugas pelaku, serta 1 lembar slip penerimaan gaji bulan Agustus 2018 milik pelaku.

“Kartu ATM sebanyak itu didapatkan dari kartu-kartu ATM yang tertelan oleh mesin ATM,” pungkasnya.

Atas perbuatannya, pelaku kini mendekam di sel tahanan Mapolres Bogor dan dijerat Pasal 363 KUHP Tentang Pencurian Pemberatan dengan ancaman hukuman paling lama 7 tahun penjara.

“Sampai saat ini pelaku masih tunggal. Tapi kita masih terus lakukan pemeriksaan intensif di Satreskrim Polres Bogor,” tandasnya.

(ry/halobogor)

pasang iklan halobogor

Baca Lainnya
x