Ikuti kami

Kriminal

Satreskim Polresta Bogor Tangkap Pembuat Uang Palsu di Bogor

Diterbitkan

pada

Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya (tengah) menunjukkan barang bukti.
Bagikan ke

HALOBOGOR.id — Satreskim Polresta Bogor menangkap dua orang pelaku tindak kejahatan pemalsuan uang yang beroperasi di wilayah Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/1/19).

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan kedua pelaku yang berinisial U (54) dan H (28) tersebut berhasil ditangkap petugas dari hasil kasus pengembangan jual-beli narkoba.

“Awalnya kami mendapat informasi adanya jaringan narkoba memakai uang palsu. Hasil penyelidikan kita amankan dua pembuat uang palsu itu di wilayah Gunung Sindur, Kabupaten Bogor,” kata Ulung di Mapolresta Bogor Kota, Kamis (3/1/19) malam.

Lanjutnya, petugas mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya peralatan untuk mencetak uang palsu dan uang palsu senilai Rp150 juta dalam pecahanan 100 ribu, dan tiga lembar uang palsu pecahan 50 ribu.

“Dari tangan pelaku juga kami berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Kalau untuk daerah penyebarannya, kami belum bisa pastikan karena masih dalam pendalaman. Yang pasti wilayah Kota dan Kabupaten Bogor,” katanya.

Baca Juga: Tsunami Raksasa Diramalkan Akan Terjadi di Indonesia Pada Tahun 2019, Benarkah?

Menurutnya, peredaran uang palsu memang kerap terjadi saat hajat politik. Ini menyusul adanya praktik money politic terselubung yang dilakukan oknum caleg maupun timses.

Kondisi ini pula yang patut diwaspadai terkait kemungkinan adanya money politic pakai uang palsu. Namun, Ulung belum mau blakblakan soal dugaan uang itu dipakai untuk kepentingan money politic.

Atas perbuatannya, kedua pelaku mendekam di sel tahanan Polresta Bogor Kota dan dijerat Pasal 36 ayat 1, 2 dan 3 UU Nomor 7 Tahun 2011 Tentang Mata Uang.

“Ancamannya itu 10 tahun penjara. Kita masih terus kembangkan peredaran uang palsu ini,” tandasnya.

(mgp/halobogor)

pasang iklan halobogor

Bagikan ke

Trending