News

Sabtu, 12 Januari 2019 - 16:05 WIB

8 bulan yang lalu

logo

Puting Beliung Rancaekek, Bandung

Puting Beliung Rancaekek, Bandung

Puluhan Rumah Rusak Akibat Puting Beliung Rancaekek Bandung, Ini Videonya

HALOBOGOR.id — Hujan deras sejak pukul 15.00 WIB, Jumat petang (11/01/19) yang juga disertai angin puting beliung memporak-porandakan kawasan Rancaekek, Bandung.

Berdasarkan kesaksian warga, munculnya angin puting beliung berawal dari hujan yang sangat deras, lalu terlihat ada pusaran angin yang lama kelamaan membesar. Sehingga pada akhirnya memporak-porandakan puluhan rumah milik warga di kawasan tersebut.

Semua warga yang ada di dalam rumah terlihat panik berlarian keluar rumah menyelamatkan diri. Pasalnya, atap-atap rumah mereka yang terbang membuat air hujan pun masuk ke dalama rumah.

Pasca terjadinya peristiwa di Rancaekek tersebut, BPBD Jabar akan berkordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung.

“Kita akan kordinasi lebih lanjut, guna penanganan pasca kejadian (bencana puting beliung,” singkat Pusdalops BPBD Jabar, Budi Budiman, Sabtu (12/01/19).

Menurut data dari BPBD Jabar, ada tiga kampung yang terdampak untuk wilayah Kabupaten Bandung.

Diantaranya Kampung Jatisari 15 rumah mengalami rusak berat dan 21 rumah rusak ringan. Kemudian Kampung Papanggungan 50 rumah rusak ringan dan terkahir di Komplek Rancaekek Permai 300 rumah mengalami rusak.

“Untuk korban 15 orang luka ringan dan 1 orang luka berat,” jelas Budi.

Selain tim BPBD, Polda Jabar, TNI dan Basarnas terus membersihkan puing-puing material rumah warga akibat peristiwa ini.

Baca Juga: Celana Dalam Warna Ungu Vanessa Angel Jadi Barang Bukti, Kuasa Hukum: Benar Punya VA

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, ‎penyebab hujan lebat berdasarkan pantauan Citra satelit terdapat pembentukan awan Cumulonimbus di sekira pukul 15:10 WIB.

“‎Adanya pertemuan massa udara di sekitar Jabar dan belokan angin(shearline) di Jawa Barat bagian tengah,” kata Kepala BMKG Bandung Toni Agus Wijaya.

pasang iklan halobogor

Baca Lainnya
x