News

Senin, 14 Januari 2019 - 07:30 WIB

7 bulan yang lalu

logo

Harga Tiket Pesawat Turun Hanya Sampai April 2019

HALOBOGOR.id–Harga tiket pesawat penerbangan domestik kembali turun. Namun, penurunan tarif pesawat ini hanya berlangsung selama low season atau hinggal April 2019 mendatang.

Ketua Indonesia National Air Carrier Association (INACA), Ari Ashkara mengatakan harga tiket maskapai yang diturunkan tersebut merupakan harga sebelum natal dan tahun baru pada 2018 lalu.

“Kita memasuki low season seperti 2018 sampai dengan April nanti,” ujarnya di Restoran Batik Kuring di Kawasan SCBD Jakarta, Minggu (13/1).

Sebelumnya beberapa maskapai yang tergabung dalam INACA sudah menurunkan tarif enam rute penerbangan pada Jumat (11/1/2019) lalu. Sekjen INACA Tengju Burhanudin mengaku bersyukur telah membahas hal ini dengan para maskapai, hingga penurunan harga dapat dilaksanakan.

“Sebagai contoh kalau Banda Aceh-Jakarta Rp 3,2 juta itu Garuda nanti dijual Rp 1,6 juta, Batik Air Rp 2,8 mungkin Rp 1,5 juta. Mungkin juga Jakarta-Jayapura tadinya Rp 4 juta sekararang lebih kurang Rp 3 juta, Batik Air Jakarta-Bali Rp 2,9 juta menjadi Rp 1,9 juta,” kata Tengku.

Baca Juga: Masyarakat Keluhkan Tiket Pesawat Mahal, Maskapai akan Turunkan Harga Jual Tiket

Kendati demikian, Direktur Niaga PT Garuda Indonesia Tbk Piki Ilham menegaskan, selaku maskapai penerbangan Full Service Carier (FSC), dalam penetapan harga tarif mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 tahun 2016 mengenai Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB). Atuean tersebut memuat maskapai layanan penuh boleh menaikkan harga hingga 100 persen dari batas atas.

“Sedangkan, medium service maksimum 90 persen dari TBA, dan Low Cost Carier (LCC) maksimum 85 persen dari TBA,” jelasnya.

Tujuan dari aturan tersebut, lanjutnya, agar industri penerbangan dapat hidup dengan sehat, sehingga tidak terjadi persaingan harga meskipun pelayanan setiap maskapai berbeda-beda.

“Yang terjadi selama ini, antara maskapai banting-banting harga. Dan Kami dari Garuda karena TBB-nya adalah 30 persen dari TBA, akibatnya Garuda bisa gunakan harga yang sangat lebar itu untuk bersaing di pasar, tapi kalau Garuda lakukan terus menerus, maka LCC bisa enggak hidup juga,” katanya.

Pihaknya juga mengaku telah menurunkan tarif sejak Jumat lalu. Pun kali ini dipastikan untuk rute Banda Aceh, Jayapura, Pontianak, Ujung Pandang, Denpasar, Yogya, Surabaya, Padang, dan beberapa destinasi lain akan turun.

“Ini akan terus kami evaluasi sesuai demand dari masyarakat itu sendiri,” pungkasnya.

(rif/halobogor)

pasang iklan halobogor

Baca Lainnya
x