News

Rabu, 16 Januari 2019 - 06:30 WIB

8 bulan yang lalu

logo

Pemkot Bogor dan 10 Kota Lainnya Mendapat Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah dari KLHK

HALOBOGOR.id–Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan penghargaan bagi 11 kota dalam kategori Kinerja Pengurangan Sampah. Dalam hal ini Pemerintah Kota Bogor ikut mengambil bagian berkat pelaksanaan peraturan penggunaan kantung plastik pusat perbelanjaan dan toko modern di Kota Bogor.

Menurut Wali Kota Bogor Bima Arya, penghargaan yang diraih oleh Pemkot Bogor ini merupakan kategori baru dalam Adipura atas konsentrasi dan aksi kabupaten/kota dalam mengurangi sampah plastik ke TPA.

“Ada kategori baru dari Kementerian LHK. Ibu Menteri memberikan apresiasi bagi kota-kota yang melakukan pengurangan sampah. Selain dilihat dari indikasi pengelolaan dan pengurangan sampah, juga ada inovasi yang menjadi penilaian,” ungkap Bima.

Peraturan yang telah dilaksanakan tersebut adalah Perwali No 16/2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

Pemkot Bogor juga terus menambah jumlah Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R dan Bank Sampah. Tercatat, jumlah Bank Sampah di Kota Bogor naik menjadi 223 unit (2017) dari sebelumnya 72 unit (2016). Sementara TPS 3R saat ini ada 26 unit.

“Pengelolaan sampah berbasis 3R mampu mereduksi sampah 4,1 persen atau sudah sesuai target pengelolaan sampah 3R berbasis masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Dangdutan di Cileungsi Sambil Mabuk Mabukan, Empat Tewas

Selain Kota Bogor, ada 10 kota lain yang layak mendapat penghargaan serupa. Yakni, Kota Surabaya, Jakarta Barat, Bandung, Malang, Padang, Cimahi, Depok, Balikpapan, Banjarmasin dan Makassar. Total ada 11 kota yang mendapat penghargaan.

“Kota-kota ini mampu mengontrol pengelolaan sampah. Tak hanya itu, penghargaan ini diperuntukkan bagi kepala daerah yang mampu meningkatkan kinerja bank sampah hingga proses daur ulang,” kata Menteri KLHK, Siti Nurbaya, Senin (14/1/2019).

“Di awal tahun 2019 pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan anugerah Adipura kepada 146 penerima penghargaan termasuk 11 kepala daerah yang berhasil mengurangi sampah di daerahnya,” lanjutnya.

(rif/halobogor)

pasang iklan halobogor

Baca Lainnya
x