News

Jumat, 5 April 2019 - 11:16 WIB

6 bulan yang lalu

logo

Sidang Habib Bahar Hadirkan Saksi Korban, Kakek Zaki: Ia Pulang Babak Belur

HALOBOGOR.id–Kakek dari salah satu korban penganiayaan remaja oleh Habib Bahar bin Smith hadir sebagai saksi dalam sidang lanjutan yang dilaksanakan di Pengadilan Negeri Bandung di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Jalan Seram, Kota Bandung, Kamis (4/4/2019).

Kakek Zaki, Oo Sunaryo menceritakan, sebelumnya ia bertemu Zaki yang meminta izin untuk pergi ke Bali bersama Cahya Abdul Jabar yang juga jadi korban penganiayaan. Katanya, Zaki tidak diberi izin, tapi hanya minta doa.

“Saya bertanya dengan siapa dia pergi, dia bilang sama Jabar mau ada acara tapi tidak dijelaskan acaranya apa,” kata Oo.

Tiga hari setelah keberangkatan Zaki ke Bali, Oo baru kembali bertemu dengan cucunya itu dengan kondisi yang berbeda. Katanya, saat itu ia menemukan Zaki yang menutupi badannya dengan sprei dengan wajah yang babak belur. Rambutnya pun terlihat botak padahal sebelumnya tidak.

“Wajahnya babak belur, ada memar terus ada luka merah di matanya. Terus di kepala ada luka seperti kepentok besi. Jalannya juga pincang,” ungkap Oo.

Melihat kondisi cucunya seperti itu, Oo kemudian bertanya alasannya, namun Zaki tak menjelaskan secara lengkap.

“Dia cuma cerita dikeroyok di daerah Yasmine lalu dibawa ke daerah Parung,” kata dia.

Jaksa dari Kejaksaan Negeri Bogor melihat ada perbedaan dari keterangan yang disampaikan Oo dengan Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Jaksa kemudian membacakan BAP Oo dalam persidangan.

Dalam BAP-nya yang dibacakan oleh jaksa, Oo menyebut bahwa Zaki dikeroyok di Tajul Alawiyyin yang merupakan pesantren Bahar. Oo lantas menanyakan siapa yang memukul. Zaki lantas menjawab yang melakukan pemukulan ialah Habib Bahar.

Jaksa kemudian menanyakan kebenaran BAP tersebut. “Benar,” jawab Oo.

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Bogor Hari Ini, Jumat 5 April 2019

Pengacara Bahar Hadirkan 15 Saksi

Sementara itu, Tim penasehat hukum perkara penganiayaan remaja untuk terdakwan Habib Bahar bin Smith, Agil Yahya dan Abdul Basith akan hadirkan 15 saksi yang meringankan.

Salah seorang pengacara Guntur Fattahillah mengatakan, sejumlah saksi tersebut ada yang berasal dari luar daerah. Pihaknya juga akan menghadirkan saksi ahli terkait kasus yang menjerat Bahar.

“Kemungkinan 15 orang ada dari luar daerah juga yang kita hadirkan, termasuk saksi ahli,” kata Guntur.

Selain itu, rencananya ia juga akan menghadirkan ahli pidana bahasa, namun masih dalam pertimbangan.

“Pidana dan bahasa juga. Tapi kita pertimbangkan untuk dibawa ke rapat. Saya pertimbangkan untuk ahli pidana bahasa,” katanya.

Selain Zaki, ada korban lainnya yakni Cahya Abdul Jabar. Keduanya telah memberikan kesaksian pada persidangan pekan lalu.

Saat ditetapkan menjadi tersangka, Habib Bahar dijerat dengan pasal berlapis yakni pasal 170 ayat (2), pasal 351 ayat (2), pasal 333 ayat (2), dan pasal 80 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak.

(rif/halobogor)

pasang iklan halobogor

Baca Lainnya
x