Kabupaten Bogor

Sabtu, 22 Juni 2019 - 12:32 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Pengidap Gangguan Jiwa

Pengidap Gangguan Jiwa

Orang Gangguan Jiwa di Bogor Bertambah di Tahun 2019, Berikut Datanya

HALOBOGOR.id — Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor mempunyai catatan jumlah Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Bogor terus meningkat. Sampai saat ini, Dinas Sosial masih berupaya melakukan penampungan ODGJ.

Menurut Kasi ODGJ Dinsos Kabupaten Bogor, Endih memaparkan, menurut data pada tahun 2018 lalu, ada sekitar 244 orang ODGJ dan pada tahun 2019, tercatat 95 orang masuk dalam kategori ODGJ.

“Jadi laporan sampai bulan Mei 2019, jumlah total ODGJ mencapai 339 orang. ODGJ ini dibagi dua kategori ODGJ rumahan dan mister x,” Imbuhnya, Jumat (21/6/2019).

Ia menjelaskan pihaknya fokus menangani ODGJ dengan kategori mister x. ODGJ kategori tersebut ditemukan disetiap kecamatan di Kabupaten Bogor.

“Kebanyakan sekarang kita tangani itu dari Kecamatan Cisarua, Cibinong, Jasinga, Leuwiliang dan Jonggol. Kalau Cisarua itu mister x. Mereka dari luar Bogor tidak ada keluarga artinya ODGJ yang memang terlantar di jalan dan membuat keresahan maupun gangguan ketertiban umum,” tuturnya.

Untuk penanganan ODGJ sendiri, sambung Endih, terutama pada penangan disabilitas mental Dinsos tidak dapat bekerja sendiri, apalagi ODGJ yang sudah mengganggu ketertiban umum. Sehingga, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Polsek maupun kecamatan setiap daerah Kabupaten Bogor.

Perihal soal penempatan ODGJ, Endih menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Bogor belum memiliki panti khusus untuk melakukan penanganan ODGJ. Untuk melakukan penangan, Dinsos menggunakan panti swasta yang berada di Kabupaten Bogor.

“Panti swasta itu dibawah binaan Dinsos . Kalau pemerintah, kita tidak ada. Karena kebetulan menurut aturan SPN tahun 2019, panti itu merupakan wewenang Provinsi. Jadi Pemkab wewenangnya hanya penanganan di luar panti,” jelasnya.

Berkaitan dengan kapasitas maupun kondisi panti yang menampung ODGJ, Endih mengaku, masih belum memadai. “Sebisa mungkin untuk dikembalikan ke daerah asal atau keluarga agar bisa dilakukan perawatan dirumah. Tapi kita kembalikan kalau ODGJ tersebut sudah ingat segalanya, khususnya alamat tinggalnya,” pungkasnya.

(ris/halobogor)

Data dan fakta

Tahun 2018

ODGJ rumahan : 135 orang
ODGJ mister x : 109 orang
Total : 244 orang

Tahun 2019

ODGJ rumahan : 78 orang
ODGJ mister x : 17 orang
Total : 95 orang

Jumlah Keseluruhan : 339 orang

Wilayah penanganan terbanyak ODGJ kategori mister x

– Kecamatan Cisarua
– Kecamatan Cibinong
– Kecamatan Jasinga
– Kecamatan Leuwiliang
– Kecamatan Jonggol

Upaya Dinsos Kabupaten Bogor

– Berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan.
– Berkoordinasi dengan Satpol PP
– Berkoordinasi dengan Polsek

(ris/halobogor)

pasang iklan halobogor

Baca Lainnya
x