Kota Bogor

Minggu, 23 Juni 2019 - 02:13 WIB

4 bulan yang lalu

logo

EKTP

EKTP

Duh, Disdukcapil Kota Bogor Kehabisan Blangko E-KTP

HALOBOGOR.id — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor sudah beberapa hari ini kehabisan blangko e-KTP. Ada sekitar 5.000 data e-KTP yang siap cetak harus tertunda karena ketidaktersediaan blanko.

Menurut Kepala Seksi Sistem Informasi Ad­ministrasi Kependudukan, Mugi Lastono menjelaskan, pencetakan sementara terhenti. “Jadi susah mau cetak juga, padahal ribuan KTP siap cetak, tapi blankonya nggak ada,” imbuhnya, Sabtu (22/6/2019).

Menurutnya, ketidaktersediaan blanko seperti ini, sudah terjadi beberapa kali. “Kalau kayak gini kita yang bingung. Mau cetak pakai apa, kasihan juga masy­arakat harus nunggu,” jelasnya.

Bahkan, jumlah blanko yang diberikan pe­merintah pusat dari total peng­ajuan dinilai menjadi penyebab utama seringnya terjadi keku­rangan blanko terca­tat dalam satu tahun, sedikitnya 10.000 blanko harus tersedia. Sedangkan pemerin­tah pusat hanya memberikan 20 persen dari total pengajuan.

“Misalnya gini, kita mengaju­kan 10.000 blanko. Paling yang kami terima sekitar 20-30 persen dari total penga­juan. Padahal sistem kita sudah bagus,” paparnya.

Sementara menurut Pelaksana Tu­gas (Plt) Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Dodi Ahdiat ber­harap, lambannya pendistribu­sian blanko KTP dari pusat ke daerah bisa segera tersele­saikan lantaran KTP meru­pakan salah satu identitas penting.

“Inginnya semua lancar. Minimal, ada penjelasan dan kepastian kepada kami kapan blangko tersebut bisa tiba. Supaya masyarakat tidak menunggu lama. Sekalipun masyarakat menunggu, kami bisa memberi kepastian,” pungkasnya.

(ris/halobogor)

pasang iklan halobogor

Baca Lainnya
x