HALOBOGOR.id — Pada hari ini, terjadi cuaca ekstrim yaitu hujan lebat beserta petir, angin kencang dan fenomena hujan es di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Rabu (23/9/2020).

Intensitas hujan yang tinggi terlihat pada 51 mm dalam periode kurang dari 2 jam (16.00-17.30 WIB), dengan kecepatan angin maksimum 85 km/jam teramati di Stasiun Klimatologi Bogor.

Cuaca ekstrim yang terjadi hari ini dikarenakan adanya kondisi atmosfer yang labil yakni proses konvektif yang signifikan didukung oleh faktor lokal yang kuat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah di Jawa Barat termasuk Bogor.

Menurut citra satelit, tercatat terjadinya penurunan suhu puncak awan signifikan mulai pukul 16.45 – 10.45 WIB, dengan suhu terendah -72.4⁰C pada jam 10.24 yang menandakan terjadinya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat periode tersebut.

Menurut informasi dari BPBD, karena adanya cuaca ekstrim tersebut berdampak terjadinya pohon tumbang yang menutup ruas jalan yakni di Jln. Abdullah Bin Nuh Bogor tengah, robohnya salah satu alat pengamatan cuaca di Stasiun Klimatologi Bogor.

Perihal insiden hari ini, BMKG sudah mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca ekstrem skala waktu 3 jam-an untuk wilayah Jabodetabek sebelum terjadinya cuaca ekstrim pada tanggal 23 September 2020 sebanyak 2 kali mulai dari pukul1 14.00 wib hingga 19.50 wib.

Perlu diketahui, pada bulan September 2020 ini di wilayah Jawa Barat masih mengalami periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan. Hal tersebut mesti diwaspadai potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung, bahkan fenomena hujan es.

Kemungkinan cuaca tiga hari ke depan, masih berpotensi terjadinya hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada sore hingga menjelang malam hari di wilayah Bogor, Sukabumi, Cianjur dan Bandung barat.

Untuk itu, masyarakat yang berada di wilayah Jawa Barat dihimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

(hal/halobogor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Ada 18 Balita di Kota Bogor Terkonfirmasi Positif Covid-19, Tetular dari Orangtua

HALOBOGOR.id — Ada sekitar 18 balita yang berada di Kota Bogor dinyatakan positif…

Geger! Ada Ular di Jalan Ahmad Yani Bogor

HALOBOGOR.id — Ada sekitar tiga ekor ular ditemukan di sebuah bank di kawasan…

Bogor Hujan Deras, Status Bendungan Katulampa Aman

HALOBOGOR.id — Hujan turun di wilayah Bogor, sejak Rabu sore (6/1/2021). Hujan…

Bima Arya Diperiksa Polisi 1,5 Jam dan Dicecar 14 Pertanyaan

HALOBOGOR.id — Wali Kota Bogor Bima Arya telah selesai diperiksa di Mapolresta Bogor…