Baru Saja Rilis, Windows 11 Dilaporkan Punya Banyak Bug

HALOBOGOR.IDWindows 11 telah resmi dirilis, dan pengguna dilaporkan menemukan beberapa bug yang membuat sistem operasi baru penerus Windows 10 ini tidak berjalan dengan stabil.

Sama seperti halnya pembaruan fitur utama atau versi baru Windows, pasti terdapat bug yang diakibatkan ketidakcocokan dengan perangkat lunak dan perangkat keras yang menyebabkan crash atau ketidakstabilan lainnya.

Di bawah ini kami telah mengumpulkan 5 masalah umum yang terdapat Windows 11.

1. Taksbar Versi Windows 10

Setelah melakukan update ke Windows 11, beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka memiliki taksbar Windows 10, bukan taksbar baru yang terdapat di Windows 11.

Bagi sebagian orang, ini tentu mengecewakan. Karena memang taksbar baru di Windows 11 ini merupakan fitur yang cukup dinantikan.

Fitur yang hilang ini adalah kemampuan untuk memindahkan taskbar ke bagian atas dan samping layar, menu konteks klik kanan telah dihapus, dan tidak dapat lagi memisahkan jendela program.

Microsoft belum secara resmi mengakui bug ini, mereka hanya menyebutkan jika sedang menyelidiki laporan ini.

2. Start Menu Tidak Berfungsi

Beberapa orang melaporkan bahwa Start Menu tidak berfungsi setelah update ke Windows 11. Dan sama seperti masalah taskbar di atas, Microsoft belum secara terbuka mengkonfirmasi bug ini dan melakukan perbaikan.

3. Kinerja Menjadi Lambat

AMD mengumumkan bahwa kinerja CPU AMD yang menggunakan Windows 11 bisa meningkat hingga 5% saat menggunakan aplikasi tertentu, dan hingga 15% pada beberapa game.

Masalah kinerja ini disebabkan oleh peningkatan latensi cache L3 dan Windows 11 tidak secara khusus menjadwalkan threat pada prosesor inti.

4. Boros RAM

Sejak rilis build pratinjau Windows 11, File Explorer telah mengalami kebocoran memori yang menyebabkan aplikasi menggunakan terlalu banyak memori sistem.

Bagi sebagian orang, kebocoran tersebut menyebabkan file explorer menggunakan memori 1GB setelah membuka beberapa folder. Yang memperburuk keadaan adalah ketika File Explorer ditutup, memori tidak dibersihkan dan tetap tidak dapat digunakan oleh sistem hingga Windows 11 dimulai ulang.

Microsoft telah memperbaiki masalah kebocoran memori di Windows 11 build 22454 preview build di saluran Insider ‘Dev’, tetapi tidak diketahui kapan perbaikan akan di rilis.

5. Tidak Kompatibel dengan Oracle VirtualBox

“Microsoft dan Oracle telah menemukan masalah kompatibilitas antara VirtualBox dan Windows 11, ketika Hyper-V atau Windows Hypervisor diinstal. Anda mungkin tidak dapat memulai mesin Virtual (VM) dan Anda mungkin menerima kesalahan,” kata Microsoft dalam daftar masalah Windows 11 yang diketahui.

Untuk mencegah masalah ini, Microsoft telah menahan kompatibilitas yang tidak akan mengizinkan pengguna melakukan update ke Windows 11 kecuali Hyper-V, Windows Hypervisor, atau VirtualBox dihapus dari perangkat.

Tinggalkan komentar