Cara Mengganti Default Browser di Windows 11 ke Google Chrome

HALOBOGOR.ID — Google Chrome menjadi browser paling populer saat ini. Berdasarkan data dari NetMarketShare, sebanyak 65.23% pengguna internet menggunakan Google Chrome sebagai default browser mereka.

Namun di Windows 11, Microsoft tampaknya memaksa para penggunanya untuk menggunakan aplikasi browser besutannya. Dengan kata lain, Microsoft Edge akan menjadi browser default di Windows 11. Entah apa alasannya, mungkin saja karena Microsoft ingin menggeser Chrome sebagai browser terpopuler saat ini.

Jika Anda telah memperbarui PC Anda dari Windows 10 ke Windows 11, Anda mungkin akan memperhatikan bahwa ketika Anda mengklik tautan situs web, dokumen PDF, atau berbagai jenis file lainnya, Anda akan diarahkan ke browser Microsoft Edge.

Biasanya, saat pertama kali Anda masuk ke browser lain yang bukan Edge, misalnya Google Chrome, browser tersebut akan menanyakan apakah Anda ingin menjadikannya browser default. Namun, proses untuk mengubah default browser Anda di Windows 11 akan menjadi lebih rumit dibandingkan di Windows 10.

1. Buka bagian “Default Apps” pada menu Pengaturan

Caranya adalah dengan masuk menu Settings, mengklik bagian Apps dan kemudian memilih Default Apps.

Opsi lain yang dapat Anda gunakan untuk menemukan menu “default apps” adalah dengan cara klik start dan cari “default apps” di kolom pencarian.

2. Cari Aplikasi yang Ingin Anda Jadikan Default Browser

Sebagai contoh misalnya Anda ingin mengubah default browser menjadi Google Chrome, lanjutkan proses dengan cara klik Google Chrome sebagai default browser di PC Anda.

Sebagai catatan: Anda juga dapat memilih browser lain, misalnya: Mozilla Firefox, Opera, Safari, dll.

3. Ubah Pengaturan Setiap File

Seperti yang Anda lihat, setelah Anda memilih Chrome menjadi default browser, Anda akan disajikan daftar jenis file yang biasa dibuka menggunakan browser. Pada tahap ini, Anda harus mengubah pengaturan setiap file dari Edge ke browser yang Anda pilih.

Hal pertama yang wajib diubah adalah bagian HTTPS dan HTTP. Untuk mengubahnya, Anda hanya perlu klik file yang ingin Anda buka di Google Chrome dan lanjutkan proses dengan menekan “Switch Anyway”.

Kami juga menyarankan Anda mengubah file lain seperti misalnya .HTM, .HTML, .PDF, .SHTML, dan .XHTML dari Edge ke Google Chrome. Bahkan Anda juga dapat mengubah semua daftar jenis file yang ada jika memang diperlukan.

Sedikit lebih rumit memang, tapi jika Anda menyelesaikan langkah-langkahnya dengan benar, maka Google Chrome akan menjadi browser default baru di Windows 11 Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar