Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A23 Update Oktober 2022

HaloBogor.ID — Samsung Galaxy A23 dirilis pada awal tahun 2022 yang lebih tepatnya yaitu pada 04 Maret 2022. Ponsel ini dibandrol di angka 3 jutaan. Dengan harga tersebut membuat Ponsel ini pada perilisannya ditargetkan untuk kelas menengah.

Dengan ketatnya persaingan di kelasnya membuat Galaxy A23 menawarkan cukup banyak kelebihan yang terbilang mewah. Adanya Fitur OIS yang masih cukup langka membuat daya tarik lebih dalam pembelian Ponsen ini.

Galaxy A23 sangat cocok untuk kegiatan Fotografi. Efek dan warna yang alami dengan resolusi 4 kamera yang sangat memukau hingga 50MP, membuat Aanda takperlu khawatir lagi dalam masalah pengabadian berbagai momen bersama keluarga, pasangan dan juga sahabat.

Dengan kombinasi Fitur OIS membuat hasil dari jepretan Ponsel ini memiliki hasil yang sangat jernih, detail yang jelas, warna alami yang membuat Anda dapat langsung meng-upload berbagai momen indah langsung ke sosial media tanpa melakukan pengeditan. Adapun Anda hendak melakukan pengeditan tentun tidak perlu mengedit secara detail atau dengan efort tinggi untuk memperindah hasil jepretannya.

Kapasitas Baterai super jumbo dengan kapasitas memori yang besar siap menemani bergaia kegiatan Anda tanpa harus khawaitir akan kehabisan daya baterai dan kapasitan memori.

Kapasitas baterai sendiri mencapai 5000 mAh dengan dilengkapi teknologi Fast Charging yang akan mempercepat pengisian Daya Baterai Ponsel.

Sedangkan untuk kapasitas memory (RAM/ROM) memiliki beberapa varian terkecil yaitu 4/64GB dan terbesar 8/128GB.

Namun Ponsel ini kurang cocok bagi Anda yang sering bermain Game secara Intensif mengingat Dapur Pacu atau Chipsetnya tergolong jadul.

Spesifikasi Samsung Galaxy A23

HargaRp 3.499.000
Jaringan4G
Keluaran04 Maret 2022
Tipe LayarPLS TFT (PLS LCD)
Resolusi1080 x 2408 piksel
OSAndroid 12, One UI 4.1
ChipsetQualcomm Snapdragon 680 (6nm)
CPUOcta-core (4×2.4 GHz Kyro 265 Gold & 4×1.9 GHz Kyro 265 Silver)
GPUAadreno 610
RAM/ROM4/64GB, 6/64GB, 4/128GB, 6/128GB, 8/128GB
Kamera Utama50 MP (wide) + 5 MP (ultrawide) + 2 MP (macro) + 2 MP (depth)
Kamera Depan8 MP (wide)
Resolusi Perekaman Video[email protected]
BateraiLi-Po 5000 mAh dilengkapi Fast Charging 25W
WarnaHitam, Putih, Peach dan Biru

Untuk lebih lengkapnya simak berbagai ulasan di bawah ini mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki samsung Galaxy A23

Berikut kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A23 Update Oktober 2022:

Kelebihan Samsung Galaxy A23

Samsung Galaxy A23 memiliki banyak keunggulan yang membuat Aanda wajib untuk membawa pulang Ponsel ini. Berbagai keunggulan yang dimiliki diantaranya dialah Kamera keren super jernih 50MP (wide), Baterai berkapasitas jumbo, Desain Ponsel, Chipset dan Chipset atau dapur pacu.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu kelebihan yang dimiliki Samsung Galaxy A23.

1. Kamera Keren

Samsung Galaxy A23 dilengkapi 4 Kamera Utama dan 1 Selfie Kamera. Kamera utama dari Ponsel ini memiliki Resolusi yang sangat besar yaitu 50MP (wide), 5MP (ultrawide), 2MP (depth) dan 2 MP (Macro) yang dilengkapi fitur Auto Focus dan OIS (Stabilizer) yang akan sangat membantu Anda ketika mengambil gambar dengan kualitas jernih dengan hasil yang memukau.

Untuk Selfie kamera atau kamera depan hanya terdapat 1 kamera saja dengan Resolusi 8 MP. Dengan resolusi tersebut sudah cukup bagus ketika digunakan untuk mengabadikan Momen Selfie bersama bestie, pasangan dan keluarga.

Untuk hal perekaman Video, Galaxy A23 dapat merekam berbagai momen spesial hingga resolusi FullHD [email protected] Jadi jangan khawatir dengan hasil rekaman video Anda yang akan terlihat sangat jernih, detail yang bagus dan warna yang memukau dan alami.

Hasil baik foto maupun video yang berkualitas membuat Anda tak perlu repot repot untuk mengedit sebelum memposting di berbagai sosial media, sekalipun butuh editan hanya dengan editan yang sederhana saja sudah menghasilkan hasil yang sangat WOW.

Dengan adanya OIS (Stabilizer) membuat ketika terdapat goncangan pada proses pengambilan gambar akan diminimalisir sehingga gambar yang di hasilkan ketika menggunakan mode malam akan tetap tajam dengan efek nois (bintik-bintik) yang sangat mengganggu sehingga gambar terlihat buram atau tidak jelas.

2. Baterai Jumbo

Baterai berkapasitas Jumbo 5000 mAh ikut meramaikan deretan kelebihan yang ditawarkan Ponsel ini. Baterai ersebut dapat bertahan selama 18 Jam 3 Menit dalam mode refresh rate 60 Hz. Kekuatan tersebut sudah cukup mengesankan mengingat Galaxy A32 yang memiliki baterai dengan kapasitas yang sama hanya mampu bertahan selama 13 jam 32 menit saja.

Ketika anda kehabisan baterai dan Ponsle akan digunakan sesegera mungkin atau dalam keadaan terdesak. Anda takperlu khawatir, karena Ponsel ini telah dilengkapi teknologi Fast Charging (Pengisian cepat) sebesar 25W. Adanya teknologi Fast Charging 25W membuat Ponsel ini akan penuh hanya dalam waktu 1 jam 20 menit saja ketika daya baterai habis.

3. Desain Cantik

Desai Ponsel ini mengalami peningkatan atau perubahan pada kamera dan layarnya. Kamera Galaxy A23 mengikuti dari gaya Galaxy A52 dimana desain yang menonjol dengan garis perpotongan dengan penutup yang sangat mulus.

Desain layarpun mengalami peningkatan dimana seri sebelumnya yaitu Galaxy A22 memakai model infinity-u kini Galaxy A23 memakai Model layar infinity-v. Anda dapat mudah untuk membedakannya dimana inisial “U” atau “V” sebagai penanda model layar akan tertera di bentuk kamera yang terdapat cekungan seperti huruf “U” atau huruf “V”.

Untuk desain penutup belakan Ponsel menggunakan Finishing Glossy dengan beberapa varian warna kalem yang membuat ponsel ini terlihat lebih menarik. Adapun varian warna tersebut ialah hitam, putih, peach dan biru

Desain melengkung pada ujung ponsel yang disesuaikan dengan kontur tangan membuat sangat nyaman ketika Anda menggemgamnya.

4. Chipset/ Dapur Pacu Hemat Daya

Chipset yang tersemat pada Galaxy A23 ini adalah Qualcomm Snapdragon 680. Dari pihak Samsung sendiri mengumumkan bahwa Chipset tersebut lebih bagus atau memiliki performa yang lebih maksimal dari seri sebelumnya yang menggunakan MediaTek Helio G80. Peningkatan performa dari Qualcomm Snapdragon 680 yang terdapat pada Ponsel ini mencapai 20%. CPU dari Chipset ini memiliki 8 inti (Octa-core) dengan diantaranya yaitu 4 Core Kryo 256 Gold 2,4 GHz dan 4 Core Kyro 256 Silver 1,9 GHz.

Fabrikasi dari Chipset ini ialah 6 nm yang menandakan semakin kecil maka performa Ponsel akan lebih maksimal. Adanya fabrikasi tersebut membuat konsumsi daya baterai semakin hemat dan tahan lama hingga 18 jam 3 menit.

5. Tampilan Lebih Maksimal

Walaupun terlihat kalah dengan seri sebelumnya yang sudah menggunakan layar AMOLED, kualitas Layar PLS TFT yang terdapat pada Samsung Galaxy A23 lebih unggul jika ditinjau lebih lanjut pada resolusi dan bentang layarnya. Dimana Layar PLS TFT ini memiliki resolusi Full HD 1000 x 2408 piksel, dimana seri sebelumnya hanya memiliki resolusi HD 720 x 1600 piksel saja. Hal tersebut sangat berpengaruh pada tampilan yang disajikan Ponsel tersebut. Tentunya Galaxy A23 memiliki tampilan yang lebih jelas dan tajam berkat resolusi Full HD yang dimiliki.

Dengan refresh rate cukup tinggi 90 Hz membuat Ponsel ini sangat nyaman ketika digunakan untuk Scrolling menjadi lebih nyaman dan Smooth. Layar dari Samsung Galaxy A23 sudah terserifikasi Widevine L1 yang membuat ketika menonton film di aplikasi Netflix dalam mencapai resolusi Full HD dan untuk resolusi tertinggi yang dapat di putar ketika sudah mengantongi sertifikat Widevine L1 adalah hingga 4K.

Ponsel Galaxy A23 juga telah dilengkapi Corning Gorilla Glass 5 yang akan mengamankan layar Ponsel anda dari berbagai goresan.

Kekurangan Samsung Galaxy A23

Dari deretan kelebihan yang sudah terpaparkan di atas. Samsung Galaxy tentu juga memiliki beberapa kekurangan di bagain tertentu seperti performa gaming yang kurang memuaskan dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Fitur perekaman video yaitu kurang stabil dengan absennya Stabilizer Super Steady dan Speaker yang hanya terdapat satu saja atau tipe Mono. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan dibawah ini.

1. Performa Gaming

Chipset Snapdragon yang di sematkan pada Samsung Galaxy A23 sebetulnya memiliki performa Gaming yang cukup bagus, akan tetapi jika dibandingkan dengan seri sebelumnya yaitu Galaxy A22 masih memiliki performa yang lebih maksimal berkat Chipset MediaTek Helio G80. Chipset yang terpasang di Galaxy A23 berfokus untuk efesiensi/ pemaksimalan pada daya berkat Fabrikasi (6 nm).

Hal yang menjadi kurang istimewa dari Chipset-nya ialah Snapdragon 680 merupakan Chipset yang tergolong kuno atau jadul, selain itu juga pada GPU dipasangnya Adreno 610 bukanlah merupakan GPU paling kencang di kelasnya.

Untuk bermain seperti permainan PUBG Mobile yang kini semakin berkembang dan banyak diminati oleh semua kalangan bai kecil, remaja, hingga dewasa, Ponsel ini hanya mampu memainkan Game tersebut dengan Grafik (Smooth), dengan setelah Frame Rate (High) dan Grafik (Balanced) Frame Rate (Medium).

Jika dibandingkan dengan Galaxy M22 yang memiliki harga yang hampir sama, Ponsel tersebut dapat memainkan Game PUBG Mobile dengan Grafik (Balanced) Frame Rate (Ultra) atau Grafik (HD) Frame Rate (High).

2. Fiture Perekaman Video

Kualitas perekaman Video dari Ponsel ini sebenarnya tergolong kategori yang bagus, kualitas Gambar jernih dan suara yang sangat baik. Detail yang di cerminkan pada layar Ponsel pun sangat jelas dengan kualitas warna yang memukau.

Namun untuk hasil dari perekaman Video dengan tidak hadirnya fitur Stabilizer Super Steady. Absennya fitur tersebut membuat hasil video kerap terdapat goncangan yang cukup kuat ketika melakukan perekaman di area yang kurang rata misalnya ketika melakukan perekaman untuk mengabadikan perjalanan dengan menggunakan speda, motor maupun mobil di trak aspal atau yang lain dengan permukaan yang kurang rata.

Efek goncangan akan terlihat jelas ketika Anda mengecek rekaman video yang terdapat di galeri.

3. Speaker

Samsung Galaxy A23 juga memiliki kekurangan pada Speaker. Ponsel ini hanya dilengkapi dengan Speaker Mono, tentu dengan Speaker Mono suara yang di hasilkan kurang maksimal jika dibandingkan dengan adanya Speaker Stereo. Hal tersebut menjadikan kurangnya maksimalnya dinamika suara yang di keluarkan oleh Ponsel ini.

Namun hal tersebut bisa Anda atasi seperti menggunakan Headset atau Speaket Eksternal lainnya.

Tidak adanya teknologi Dolby Atmos juga membuat suara yang dihasilkan dari Ponsel kurang menggelegar. Seperti yang kita ketahui teknologi Dolby Atmos akan menyebarkan suara dalam ruang tiga Dimensi.

Tinggalkan komentar